Tingkatkan kapasitas nelayan, Tim PPK Ormawa FPIK berikan Sosialisasi dan Pelatihan SOP Budidaya Udang Vannamei

posted in: Informasi Kampus | 0

Tim program penguatan kapasitas organisasi kemahasiswaan (PPK ORMAWA) Universitas Pancasakti Tegal terdiri dari 15 mahasiswa bekerjasama dengan kelompok gulamah dan kelompok SBS yang didampingi oleh bapak Narto, S.Pi., M.Si dan ibu Ninik Umi Hartanti, S.Si., M.Si sebagai narasumber dari dosen prodi Budidaya Perairan UPS TEGAL menggelar kegiatan sosialisasi dan pelatihan standar operasional prosedur (SOP) budidaya udang vanamei yang digunakan oleh PT sumber sewu samudra yang dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2022.

SOP ini penting disosialisasikan terkait, kebutuhan kelompok masih menggunakan SOP sendiri tidak terstandart, banyak aktifitas yang tidak menggunakan biosecurity, sehingga mempengaruhi hasil panen dan status kesehatan udang. Harapanya setelah implementasikan SOP ini kelompok Gulamah dan SBS akan lebih bagus hasil produktivitas budidaya udang vanamei. Tujuan dari kegiatan ini untuk membantu mitra dalam mengembangkan usaha yang tersaingi oleh produk milik orang lain dan sosialisasi ini memberikan pengarahan penanganan udang vanamei sesuai SOP sehingga dapat menghasilkan udang yang berkualitas.

Adapun kegiatan penebaran benih udang vanamei yang dilakukan pada hari sabtu 6 Agustus 2022 yang dibantu oleh kelompok Gulamah dan SBS. Hal ini mendapat respon positif khususnya dari kelompok Gulamah dan SBS yang sangat antusias dalam melakukan kegiatan ini.

“Sosialisasi ini semoga membantu kelompok Gulamah dan SBS dalam salah satu masalahnya yaitu masih menggunakan SOP sendiri tidak terstandart” ujar ibu Ninik Umi Hartanti, S.Si., M.Si. dalam sosialisasi.
“Dengan adanya kegiatan ini dapat mendorong pembudidaya udang lebih maju untuk ke depannya” sambungnya

Related Posts via Categories

Leave a Reply

Your email address will not be published.