Tim PPK Ormawa FPIK Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Alat Tangkap Ramah Lingkungan

posted in: Informasi Kampus | 0

Tim PPK ORMAWA terdiri dari 15 mahasiswa melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan alat tangkap ramah lingkungan yang dilaksanakan di Pantai Pulau Komodo, Kota Tegal dengan mengundang mitra kelompok nelayan sebanyak 10 orang sebagai peserta yang didampingi oleh bpk Ir. Kusnandar M. Si dan Bapak Heru Kurniawan Alamsyah, S.Kel., M.Han sebagai Narasumber.

Kegiatan ini menyongsong tema “menjaga kelestarian ekosistem ikan dengan menggunakan alat tangkap ramah lingkungan”. Pelatihan ini guna memberikan informasi alat tangkap yang sesuai dan tidak dilarang untuk penangkapan ikan kepada peserta.

Pada kegiatan ini selaku narasumber Bapak Ir. Kusnandar M. Si menyampaikan upaya-upaya apa saja yang dapat dilakukan supaya kelestarian sumberdaya perikanan dapat terjaga. Disampaikan pula oleh Heru Kurniawan Alamsyah, S.Kel., M.Han salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas sumberdaya perikanan adalah upaya konservasi dengan penerapan zona-zona yang dapat dimanfaatkan untuk aktivitas penangkapan maupun zona larang tangkap. Selain itu juga teknologi yang dapat dikembangkan untuk mengembalikan habitat cumi adalah dengan inovasi Squid village yang merupakan pengembangan dari atraktor cumi pada daerah yang telah disarankan oleh kelompok mitra

Pada kesempatan yang sama salah satu peserta menuturkan bahwa “penggunaan alat tangkap ramah lingkungan merupakan hal yang mutlak dilakukan agar tidak merusak lingkungan dan ekosistem ikan” ujarnya.Penggunaan alat tangkap ramah lingkungan ini guna mewujudkan perikanan tangkap yang berkelanjutan sebagai bentuk dari implementasi pengelolaan sumberdaya.

Related Posts via Categories

Leave a Reply

Your email address will not be published.