Mahasiswa Prodi PSP FPIK UPS Raih Peringkat 1 Latsarmil Komcad Wanita

posted in: Informasi Kampus | 0

Prestasi membanggakan diraih oleh Meli Ruslinar, Mahasiswa Program Studi Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pancasakti Tegal dengan meraih peringkat 1 Kegiatan Latsarmil Komponen Cadangan (Komcad) Wanita. Kegiatan Latsarmil Komponen Cadangan Wanita dilaksanakan pada tanggal 30 Mei sampai dengan 27 Agustus 2022 di Pusdiklatpasgat Bandung. Sebelumnya bersama kedua rekannya yang lain, Yuyun Ulul Azmi dan Ifa Widya Rahmadini, Meli Ruslinar mengikuti rangkaian seleksi yang sangat ketat di Lapetal Kodikmar Surabaya. Hingga akhirnya ditentukan sebanyak 50 peserta Komponen Cadangan Wanita yang akan mengikuti Latasarmil di Bandung. Ke 50 peserta komponen cadangan wanita tersebut terdiri atas 15 peserta perwira dan 35 peserta bintara.
Kegiatan yang berlangsung hampir 3 bulan tersebut membentuk sikap dan karakter mahasiswa yang lebih baik, disiplin, bertanggungjawab serta meningkatkan rasa nasionalisme. Kegiatan komponen cadangan merupakan amanat dari Undang-Undang Dasar 1945 pasal 27 ayat 3, pasal 30 ayat 1 serta UU nomor 3 tahun 2002 tentang bela negara. Komponen Cadangan merupakan Sumber Daya Nasional yang disiapkan guna memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama. Selama mengikuti kegiatan komponen cadangan, ketiga mahasiswa Program Studi Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan senantiasa berkomunikasi dengan dosen pengampu mata kuliah sehingga capaian pembelajaran mata kuliah tetap dapat dicapai.

Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan aktivitas diluar program studi selama 3 semester. Kegiatan Komponen Cadangan yang dilaksanakan tiga mahasiswa Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dikonversi sebanyak maksimal 20 SKS disesuaikan dengan aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan. Ketua Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Heru Kurniawan Alamsyah, S.Kel., M.Han berharap mahasiswa yang telah lulus mengikuti Program Komponen Cadangan dapat membagikan ilmu dan pengalamannya kepada rekan-rekan mahasiswa supaya dapat meningkatkan kedisiplinan, tanggung jawab, integritas serta kecintaan terhadap nusa dan bangsa. Sehingga kedepan bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat dan tangguh.

Related Posts via Categories

Leave a Reply

Your email address will not be published.