Mulai tahun ajaran 2020-2021 FPIK UPS Tegal menerapkan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan program magang ke Jepang. FPIK UPS Tegal bekerjasama dengan PT Toei Teknologi  Indonesia akan memberangkatkan sedikitnya 40 mahasiswa setiap semester. Sehingga setiap tahun bisa memberangkatkan 80 mahasiswa FPIK ke Jepang.  Mahasiswa magang tersebut Menurut Deni & Mr. Kosei Higashuira yg merupakan perwakilan perusahaan Jepang di Indonesia akan ditempatkan pada 11 perusahaan yang terdiri dari 10 perusahaan budidaya dan satu perusahaan pengolahan hasil perikanan.

Direktur PT Toei Teknologi Indonesia Mr. Sato melalui teleconference menegaskan bahwa Mahasiswa magang tersebut akan diberikan gaji sesuai dengan standar yang berlaku di Jepang atau setara dengan 26 Juta Perbulan termasuk lembur. dari jumlah tersebut nantinya Mahasiswa magang akan membawa uang atau take home pay sebesar Rp 5.500.000 setelah dikurangi transport untuk akomodasi, asuransi, biaya hidup bulanan. Ditegaskan pula bahwa Mahasiswa magang tersebut akan bekerja selama 3 bulan dan dapat diperpanjang hingga enam bulan. Bagi mahasiswa yang berprestasi setelah mengikuti proses magang dan lulus kuliah akan direkrut sebagai pegawai di perusahaan Jepang dengan gaji yang lebih tinggi lagi.

Proses magang terdiri dari kegiatan budidaya kerang dan pengolahan hasil perikanan. Dekan fakultas perikanan dan ilmu kelautan UPS Tegal, Dr. Ir. Sutaman, M.Si menegaskan bahwa Mahasiswa magang akan disetarakan dengan 20 SKS. Dengan kata lain selama magang 3 bulan tersebut mhs dianggap telah menempuh proses pembelajaran 20 SKS. sehingga dengan adanya kebijakan Merdeka belajar kampus Merdeka mahasiswa sangat diuntungkan yang pertama mahasiswa tidak perlu mengikuti kuliah di kampus namun sks-nya tetap di akui. kedua mahasiswa akan mendapatkan pengalaman dan keterampilan dengan standar internasional. Ketiga sangat membantu dari sisi keuangan Disampaikan pula oleh perwakilan PT international Bapak Deni, bahwa dengan mengikuti program magang di Jepang seperti yang dia alami juga akan mendapatkan banyak pengalaman khususnya etos dan budaya kerja yang ada di Jepang.

Adanya program magang ini harapannya lulusan fakultas perikanan dan ilmu kelautan UPS Tegal memiliki standar kompetensi bertaraf internasional sehingga dapat bersaing di dalam maupun luar negeri.

Related Posts via Categories

Leave a Reply

%d bloggers like this: