Visi dan Misi

Visi dan misi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pancasakti disahkan melalui surat Keputusan Dekan No. 160/K/E/FPIK –UPS/VI/2012  telah ditetapkan visi misi sebagai berikut :

1. Visi

Visi Fakultas adalah Menjadi Fakultas unggul dibidang perikanan dan kelautan yang berkepribadian pancasila, berjiwa kewirausahaan dan berwawasan lingkungan pada Tahun 2022.

Konsep pokok atau kata kunci yang menjadi pemahaman bersama terhadap rumusan visi tersebut adalah sebagai berikut:

Unggul, merujuk pada sejumlah atribut mutu kelembagaan, yaitu prestasi akademik, tata kelola, dan layanan administrasi yang memenuhi bahkan melampaui standar nasional serta berdaya saing tinggi di bidang perikanan dan kelautan.

Berkepribadian Pancasila, merujuk pada karakter dan jati diri lulusan sebagai individu, warga masyarakat, dan warga negara yang diwujudkan dalam sikap batin serta perilaku keteladanan yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila

Wirausaha, merujuk pada kompetensi lulusan yang berupa wawasan pengetahuan, etos kerja, dan keterampilan yang memadai dalam menjalankan prinsip-prinsip kewirausahaan, baik dalam konteks pelaksanaan tugas profesional keilmuannya maupun sebagai alternatif sumber nafkah penghidupannya.

Berwasasan lingkungan, merujuk pada karakter dan jati diri lulusan sebagai individu, warga masyarakat, dan warga negara yang diwujudkan dalam sikap dan perilaku yang peduli terhadap lingkungan guna menjamin kelestarian sumberdaya.

Visi Fakultas pada dasarnya merujuk dan menderivasi visi universitas yaitu “Menwujudkan universitas unggul dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, berjiwa Pancasila, berkemampuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni, serta wirausaha tahun 2017”.

Visi ini dipandang sangat jelas dan realistik karena didasarkan kondisi peluang dan pasar kerja serta pencapaiannya yang diuraikan dalam rentang waktu yang cukup

2.  Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran sesuai perkembangan IPTEK Perikanan dan Kelautan
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian bidang perikanan kelautan dan lingkungan beserta publikasinya.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai aplikasi hasil pendidikan dan penelitian di masyarakat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>