Sekilas Info

BERITA FPIK

Peluang Atau Prospek Kerja Perikanan

10 Peluang Atau Prospek Kerja Perikanan Dan Gajinya

Indonesia merupakan negara besar yang terdiri dari pulau-pulau dan menyimpan kekayaan alam besar. Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki sumber daya laut yang sangat besar. Sayang sekali ketersediaan tenaga kerja di bidang perikanan dan kelautan masih minim. Oleh sebab itu, Kamu mungkin bisa mempertimbangkan prospek kerja perikanan berikut ini.

1. ABK

Ingin berkarir cemerlang, Kamu bisa menjadi ABK dan observer baik dalam negeri dan luar negeri. Jika bekerja di luar negeri, Kamu bisa mendapatkan gaji bulanan mencapai angka belasan juta rupiah.

2. Peneliti

Kamu juga bisa mengembangkan minat dan bakat di bidang perikanan dan kelautan dengan menjadi seorang peneliti atau ilmuwan. Soal gaji, Kamu bisa mendapatkan penghasilan fantastis.

3. Perusahaan Perikanan

Prospek kerja perikanan sangat terbuka lebar untuk Kamu yang ingin bergabung di sektor swasta. Kamu bisa menjadi pekerja di pabrik ikan dan makanan, pabrik pakan ikan atau pembibitan dan lain-lain.

4. Quality Control

Kamu juga bisa menjadi seorang Quality Control yang bekerja untuk perusahaan swasta atau negara. Gaji pekerja Quality Control memang besar sebab kualitas produk ditentukan oleh para ahli di bidang ini.

5. Tenaga Pendidik / Dosen

Jika ingin mengabdi pada negara dengan semua ilmu yang Kamu miliki, bisa kok. Toh, jurusan perikanan dan kelautan menyediakan banyak prospek kerja sebagai tenaga pendidik atau pengejar. Gaji seorang dosen bisa mencapai 5 juta ke atas setiap bulan termasuk berbagai tunjangan menarik.

6. Peternak Ikan

Ingin sukses dengan memanfaatkan ilmu yang Kamu dapat di bangku kuliah, tak ada salahnya menjadi seorang peternak ikan. Jurusan Budidaya Perikanan atau Perairan akan memberikan wawasan pada Kamu mengenai teknik budidaya ikan air tawar dan air asin.

7. Budidaya Hasil Laut

Jurusan Budidaya Perikanan dan Perairan juga memiliki prospek pekerjaan cemerlang sebab Kamu bisa menentukan sendiri berapa penghasilan yang diinginkan. Kamu bisa memulai langkah menjadi seorang pembudidaya hasil laut yang sukses seperti udang, rumput laut dan lain-lain.

8. BPOM

Lulusan perikanan dan kelautan juga bisa bergabung menjadi pegawai BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan. Menjadi pegawai negeri yang bekerja di BPOM bisa memberikan gaji menggiurkan dengan kisaran jutaan per bulan.

9. Konsultan

Ilmu yang Kamu dapatkan dari jurusan perikanan bisa membawa karirmu sebagai seorang konsultan. Kamu bisa menjadi konsultan kelautan, konsultan teknik kelautan, konsultan lingkungan pesisir dan lain-lain. Tentu penghasilan menjadi konsultan sangat besar mulai jutaan hingga belasan juta rupiah.

10. PNS

Mau bergabung menjadi PNS, para lulusan perikanan bisa menjadi staf Kementerian Perikanan dan Kelautan Indonesia. Gaji yang ditawarkan bervariasi tergantung jenis pekerjaan. Kamu bisa menjadi staf administrasi, pengawas perikanan, manajemen dan lain-lain. Gaji yang ditawarkan minimal 1,8 juta hingga 7 juta per bulan belum termasuk tunjangan lho!

Nah, apakah Kamu tertarik masuk fakultas Perikanan dan Kelautan yang memiliki pilihan jurusan menarik? Prospek kerja perikanan masih terbuka lebar mengingat 2/3 wilayah negeri Indonesia terdiri dari lautan. Yuk, tentukan masa depan Kamu dari sekarang!

5 Alasan Buat Kuliah di Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan Berdasarkan Cerita Alumninya yang Sukses

Banyak dari kita yang belum tahu kalau ada jurusan kuliah yang belajar tentang ilmu kelautan. Padahal jurusan ini membuka kesempatan yang besar untuk kita ke depannya loh, girls. Berikut ada lima alasan kenapa kita harus mempertimbangkan jurusan dalam bidang ilmu kelautan dan perikanan ini berdasarkan cerita dari orang-orang yang sukses didalamnya

5 Alasan Kuliah di Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan Berdasarkan Cerita Sukses

Enggak perlu takut untuk memilih jurusan ilmu kelautan  dan perikanan karena sektor pekerjaan yang bisa menjadi peluang kerja kita itu banyak banget. Rokhmin Danuri, Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB menjelaskan banyak jenis pekerjaan di bidang kelautan, seperti dikutip dari jurnalmaritim.com,  yaitu perikanan tangkap, perikanan budidaya, industri pengolahan hasil perikanan, industri bioteknologi kelautan, kehutanan pesisir, dan pariwisata bahari.

Belum Banyak Peminat

Jurusan ilmu kelautan dan perikanan belum banyak diminati dibandingkan dengan jurusan-jurusan lain. Hal ini juga bisa jadi pertimbangan kita untuk memilih jurusan ini, girls, karena kuliah di bidang ini membuat kita peduli juga pada alam sekitar. Fransiska, mahasiswi FPIK Unpad, mengatakan alasannya belajar tentang konservasi hutan mangrove karena ia merasa kepedulian terhadap bidang tersebut belum terlalu tinggi.

 
 

BERITA PERIKANAN KELAUTAN

Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Untuk lebih lengkap mengenai Pusat Riset Kelautan dan Perikanan bisa diakses melalui link BRSDM pada video yutub dibawah :

 

VIDEO YOUTUBE

 

%d blogger menyukai ini: