Rekonstruksi Kurikulum Prodi PSP FPIK UPS Tegal

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Pancasakti Tegal (UPS) menyelenggarakan Lokakarya Rekonstruksi Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Selasa (6/8). Dekan FPIK Dr. Ir. Sutaman, M.Si dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini untuk menuntun perumusan kurikulum baru FPIK. Kegiatan ini dipusatkan di Ruang Sidang Gedung H.101 Lantai.1. Hadir sebagai narasumber Prof. Dr. Ir. Mulyono S. Baskoro, M. Sc (Guru Besar FPIK IPB Bogor), Ibnu Maulana dan Denis Denutoha (BPPP TEGAL),  Henry Iskandar (SUPM Tegal) juga dihadiri dari DKPPP Kota Tegal yaitu Indirrani. W, S.Pi dan Eva Kholifah, S.Pi.

Dalam membahas dan menyampaikan materi “Pembuatan dan Pengembangan Kurikulum KKNI”. Dikatakan Prof. Baskoro, KKNI ditetapkan presiden pada tanggal 17 Januari 2012 dalam PP Nomor 8 tahun 2012.”Sejak tahun 2004 dalam penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) banyak yang terjebak pada rekonstruksi mata kuliah, namun proses pembelajaran tidak diubah dan dievaluasi, untuk itu pada kurikulum berbasis KKNI kita ditantang untuk membuat dan mengembangkan kurikulum baru,” katanya.

Didampingi oleh Dr. Ir. Suyono, M.Pi (Wakil Rektor Bidang Akademik) Kaprodi PSP FPIK UPS Ir. Retno Budhiati, M.Pi menyampaikan KKNI adalah kerangka penjenjangan kualifikasi kerja yang menyandingkan, menyetarakan, mengintegrasikan, sektor pendidikan dan pelatihan serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan jabatan kerja di berbagai sektor. Hal tersebut merupakan perwujudan mutu dan jati diri bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan dan pelatihan serta program peningkatan SDM secara nasional.

Yang dimaksud dengan jenjang kualifikasi adalah tingkat capaian pembelajaran yang disepakati secara nasional, disusun berdasarkan ukuran hasil pendidikan dan/atau pelatihan yang diperoleh melalui pendidikan formal, nonformal, informal, atau pengalaman kerja. Deskripsi capaian pembelajaran dalam KKNI diharapkan meliputi empat unsur yaitu sikap dan tata nilai, kewenangan dan tanggung jawab, penguasaan pengetahuan, serta kemampuan kerja.

Related Posts via Categories

Tinggalkan Balasan